Indonesia Bebas Visa Ke Jepang

Indonesia dan Jepang adalah dua negara yang memiliki hubungan yang sangat erat. Bukan hanya dalam hal ekonomi, tapi juga dalam hal kebudayaan. Banyak warga Indonesia yang ingin mengunjungi Jepang, baik untuk berlibur atau untuk keperluan bisnis. Namun, selama ini mereka harus mengurus visa terlebih dahulu sebelum bisa pergi ke Jepang.

Namun, sejak Oktober 2020 lalu, Indonesia dan Jepang sepakat untuk memberlakukan kebijakan bebas visa antara kedua negara. Artinya, warga Indonesia yang ingin pergi ke Jepang, tidak perlu lagi mengurus visa terlebih dahulu.

Apakah Syaratnya?

Tentunya ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum bisa menikmati kebijakan bebas visa ini. Berikut adalah syarat-syaratnya:

Paspor

Pertama-tama, Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku. Pastikan paspor Anda masih memiliki masa berlaku minimal enam bulan sejak tanggal keberangkatan ke Jepang. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan paspor yang memiliki halaman kosong, karena di sana akan dicap stempel kedatangan.

Durasi Kedatangan

Anda hanya boleh tinggal di Jepang selama 90 hari atau kurang. Jangan melebihi durasi ini, karena bisa berakibat buruk bagi Anda di masa depan.

Tujuan Kedatangan

Anda harus memiliki tujuan kedatangan yang jelas. Apakah Anda ingin berlibur, ataukah ingin melakukan bisnis. Pastikan Anda telah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk keperluan tersebut.

Tiket Pulang-Pergi

Anda juga harus memiliki tiket pulang-pergi yang sudah dipesan sebelumnya. Pastikan tiket Anda masih berlaku dan tidak kadaluwarsa saat Anda tiba di Jepang dan saat Anda kembali ke Indonesia.

Bagaimana Cara Mengajukan Bebas Visa?

Untuk mengajukan bebas visa, Anda tidak perlu datang ke kedutaan Jepang. Cukup dengan memesan tiket pesawat dan mengunjungi Jepang, maka Anda akan langsung mendapatkan bebas visa secara otomatis di bandara tempat Anda tiba.

Namun, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan seperti paspor dan tiket pulang-pergi. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan, tergantung pada tujuan Anda ke Jepang.

Apa Saja Keuntungannya?

Tentunya kebijakan bebas visa ini memberikan banyak keuntungan bagi warga Indonesia yang ingin ke Jepang. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

Tidak Perlu Ribet Mengurus Visa

Dengan kebijakan bebas visa ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengurus visa terlebih dahulu. Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan dan langsung berangkat ke Jepang.

Lebih Mudah dan Cepat

Mengurus visa bisa memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Dengan kebijakan bebas visa ini, Anda bisa langsung berangkat ke Jepang tanpa harus mengajukan visa terlebih dahulu. Ini tentunya lebih mudah dan cepat.

Menjadi Lebih Terjangkau

Selain itu, dengan kebijakan bebas visa ini, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus visa bisa dihemat. Anda hanya perlu membayar biaya tiket pesawat dan biaya-biaya lainnya seperti akomodasi dan transportasi dalam negeri.

Mempererat Hubungan Diplomatik

Kebijakan bebas visa ini juga bisa mempererat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang. Dengan mempermudah akses warga Indonesia ke Jepang, maka semakin banyak juga orang Indonesia yang bisa merasakan budaya dan keindahan Jepang. Ini tentunya bisa meningkatkan rasa solidaritas dan toleransi antara kedua negara.

Kesimpulan

Jadi, dengan kebijakan bebas visa ini, Anda bisa lebih mudah dan cepat mengunjungi Jepang tanpa harus repot-repot mengurus visa terlebih dahulu. Pastikan Anda mempersiapkan semua persyaratan-persyaratan yang diperlukan sebelum berangkat ke Jepang, dan jangan lupa untuk menikmati keindahan dan keunikannya.

Leave a Comment